Be ur self even u are no body

Selasa, 03 Agustus 2010

BAB 3
METODE PENGUMPULAN DATA

3.1 Cara Pengumpulan Data
Cara pengumpulan data yang digunakan penulis dalam laporan ini adalah :
1. Metode observasi
Metode observasi adalah salah satu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung yang meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap suatu objek dengan menggunakan seluruh alat indera. Dalam hal ini, penulis mengamati kegiatan para karyawan yang terkait dalam proses pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan yang dilaksanakan selama masa Praktik Kerja Lapangan (PKL).
2. Metode wawancara
Metode wawancara adalah salah satu metode pengumpulan data dengan cara berdialog dengan orang yang sedang diamati. Dalam proses perolehan data, penulis menggunakan salah satu jenis metode wawancara yaitu wawancara terstruktur. Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya kepada orang yang sedang diamati. Dalam hal ini, penulis mewawancarai salah seorang karyawan bagian Administrasi Kredit pada PT BPR Mitradana Madani Cabang William Iskandar.
3. Metode kepustakaan/studi pustaka
Metode kepustakaan adalah metode pengumpulan data dengan cara memggunakan buku atau referensi yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Metode ini dilakukan oleh penulis dengan cara membaca buku dan literatur yang terkait dengan prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan.
3.2 Jenis Sumber Data
Jenis sumber data yang digunakan penulis adalah:
1. Data primer
Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara mengunjungi tempat yang ingin diamati untuk memperoleh data-data yang aktual dan sesuai fakta. Penulis memperoleh data ini dengan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan pada PT BPR Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan.
2. Data sekunder
Data sekunder adalah data pendukung dari data primer. Penulis memperoleh data ini dari buku-buku referensi.
3.3 Teknik Analisis Data
Secara umum analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif yaitu analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan statistika yang berbentuk kuantitatif (jumlah), tetapi dalam bentuk pernyataan dan uraian yang selanjutnya akan disusun secara sistematis dalam bentuk laporan.
Dalam penulisan tugas akhir ini teknik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran dan data secara sistematis tentang berbagai hal yang berkaitan dengan prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan sehingga penulis dapat mengolah dan menyajikan data yang sistematis, aktual dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tidak ada komentar: