Be ur self even u are no body

Selasa, 03 Agustus 2010

प्रोसेदुर पेम्बेरियन क्रेडिट पड़ा पत बपर मित्रदाना Madani

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul
Pembangunan nasional merupakan rangkaian pembangunan seluruh aspek yang berkesinambungan meliputi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tujuan pembangunan nasional adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata baik dari segi materil maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Salah satu aspek pembangunan adalah di bidang ekonomi. Perekonomian yang sehat dapat terwujud atas kerjasama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Penyebaran yang merata dari hasil pembangunan di bidang ekonomi tersebut juga akan diwujudkan melalui kebijaksanaan yang serasi antara lain di bidang perbankan.
Perbankan menempati posisi yang strategis dalam pembangunan dan perekonomian negara, serta dalam pembagian pendapatan di dalam masyarakat. Menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan menyatakan bahwa bank adalah suatu lembaga keuangan yang tugas utamanya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali. Bank menghimpun dana dalam bentuk simpanan yaitu tabungan, giro dan deposito, kemudian menyalurkannya dalam bentuk kredit. Agar bank mampu beroperasi dan berkembang, maka tabungan, giro dan deposito berjangka harus tetap digalakkan, terutama deposito, sehingga dapat meningkatkan pembangunan melalui kredit.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memberikan pelayanan jasa perbankan dan pemberian pinjaman kredit kepada masyarakat. Dengan adanya pemberian pinjaman kredit tersebut diharapkan masyarakat ekonomi menengah dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan kredit guna menjalankan usahanya. Pelayanan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan sehingga taraf hidup masyarakat dapat meningkat.
Di samping itu, BPR bertujuan untuk membatasi dan bahkan mengeliminir lembaga keuangan dan perkreditan non formal yang cenderung memberatkan masyarakat. Lembaga-lembaga non formal tersebut berupa berbagai versi sistem ijon serta pemberian kredit oleh pelepas uang atau rentenir, atau sering juga disebut sebagai lintah darat, yang dianggap merugikan masyarakat karena mengenakan tingkat suku bunga yang tinggi. Namun, fungsi tersebut belum terwujud secara maksimal karena sebagian besar masyarakat masih bingung dan kurang memahami tata cara permohonan pemberian kredit sehingga mereka masih memilih untuk menerapkan sistem ijon atau melakukan pinjaman pada rentenir.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, penulis tertarik untuk memilih judul “Prosedur Pemberian Kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan” sebagai judul Tugas Akhir pada Jurusan Administrasi Niaga, Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas adalah bagaimana prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan?



1.3 Tujuan Penulisan Tugas Akhir
Adapun tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan.
1.4 Manfaat Penulisan Tugas Akhir
Manfaat penulisan tugas akhir ini adalah:
1. Menambah ilmu pengetahuan tentang prosedur pemberian kredit.
2. Memperluas wawasan mengenai prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Medan.
3. Memperoleh informasi tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh pinjaman kredit.
4. Memperoleh pengetahuan mengenai metode penilaian calon debitur yang layak menerima kredit.
5. Sebagai sumber referensi dan informasi bagi mahasiswa yang ingin meneliti mengenai prosedur pemberian kredit.
1.5 Sistematika Penulisan Tugas Akhir
Tugas akhir ini terdiri atas lima bab dengan uraian sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang pemilihan judul, rumusan masalah, tujuan penulisan tugas akhir, manfaat penulisan tugas akhir dan sistematika penulisan tugas akhir.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini diuraikan tentang teori-teori yang berkaitan dengan kredit yang bersumber dari bahan referensi penulis.

BAB III METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam bab ini diuraikan tentang metode yang digunakan penulis dalam mengumpulkan dan menganalisis data.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan tentang hasil penelitian dan pembahasan mengenai prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan.
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini diuraikan tentang kesimpulan dan saran-saran yang berguna untuk menyempurnakan prosedur pemberian kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Mitradana Madani Cabang William Iskandar Medan.

Tidak ada komentar: